technology

[GADGET]

business

RACING

Pemkab Banyumas Kaji Sterilisasi Gang Sadar

Upaya pemerintah pusat yang mencanangkan Indonesia bebas prostitusi 2019, direspon Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas Jawa Tengah. Saat ini, pemkab Banyumas masih melakukan kajian untuk mensterilisasikan Gang Sadar dari aktivitas tersebut.
Asisten ekonomi pembangunan kesejahteraan rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Banyumas, Didi Rudwiyanto mengemukakan saat ini kajian terus dilakukan dengan memetakan kondisi sosial dan keamanan.
“Banyak faktor yang dikaji untuk melakukan sterilisasi Gang Sadar, karena kondisinya sangat berbeda dengan lokalisasi Kalijodo dan Gang Dolly,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.
Namun, ia mengemukakan dari laporan yang diterima hingga saat ini, menyatakan adanya penurunan jumlah penghuni Gang Sadar. “Menurut info (penghuni) yang ada di Gang Sadar jumlahnya sudah berkurang,” jelasnya.
Kajian untuk sterilisasi, menurutnya, dilakukan karena karakter Gang Sadar yang sebenarnya merupakan rumah kos menjadi sangat berbeda dengan lokalisasi yang sering dijumpai di beberapa wilayah. “Sebenarnya wacana seperti ini sudah ada sejak dua tahun lalu,” jelasnya.
Lebih lanjut, ia mengemukakan, sterilisasi Gang Sadar pernah dilakukan pemkab Banyumas saat penyelenggaraan jambore nasional 2001 di Baturraden. Saat itu, katanya, Gang Sadar berhasil disterilkan.
“Saat itu, bisa disterilkan dalam waktu sebulan, selama penyelenggaraan jambore nasional yang diikuti ribuan peserta anak-anak dari seluruh Indonesia,” jelasnya.
Ia menggambarkan, saat itu hotel yang berada di sekitar Baturraden dijadikan tempat penginapan peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Hingga menyebabkan, aktivitas esek-esek di kawasan Baturraden steril.
“Hotel-hotel yang ada dipakai untuk semua kontingen sehingga bisa steril dari aktivitas tersebut,” jelasnya.
Meski begitu, Didi mengemukakan, pemkab akan terus melakukan upaya penegakan hukum dengan melakukan berbagai razia di wilayah tersebut dengan melakukan razia penyakit masyarakat secara intensif.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :


three columns

cars

PERISTIWA

grids

PERISTIWA

health

PERISTIWA