technology

[GADGET]

business

RACING

Inilah 7 Wisata Yang Harus Anda Coba Di Cilacap



Cilacap

Mungkin nama tempat ini sedikit asing ditelinga oarang-orang. Apalagi orang-orang kota atau luar pulau jawa.
Tenang Cilacap itu masih di Indonesia, tepatnya ada di Jawa Tengah. Cilacap memiliki daerah terluas di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, jadi pesona pantai di Cilacap sangat beragam. Selain itu Cilacap juga memiliki perpaduan budaya Sunda dan Jawa Barat karena berada di perbatasan kedua provinsi tersebut.
Masih banyak wisatawan yang belum mengenal pesona wisata di Cilacap. Padahal banyak tempat wisata yang sangat indah disini. Maka dari itu disini akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Cilacap yang wajib dikunjungi oleh cilacappost semua.

1. Pulau Nusakambangan, Begitu Menawannya Sang Pulau Penjara.

Pulau Nusa Kambangan #Blogcilacap.com
Pulau Nusa Kambangan 
Pulau ini memang adalah tempat perasingan narapidana dengan kasus besar di Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah selatan Cilacap, untuk menuju kesini bisa menggunakan kapal nelayan dari Teluk Penyu dengan jarak tempuh selama 10 menit.
Walaupun merupakan pulau perasingan, dengan penjara berisi terpidana kelas kakap, pulau ini tetap memiliki daya tarik wisata tersendiri. Daya tarik wisata yang dimiliki oleh pulau ini antara lain hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Disini ada benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara untuk pantai, ada Pantai Karang Pandan.

2. Pantai Teluk Penyu, Manyajikan Ganasnya Ombak Pantai Selatan

Pantai Teluk Penyu Kota Cilacap #Blogcilacap.com
Pantai Teluk Penyu Kota Cilacap 
Pantai Teluk Penyu menjadi pantai yang sangat terkenal di Cilacap, lokasinya sangat mudah dicapai karena berada tidak jauh dari pusat kota atau tepatnya berada di Kecamatan Cilacap Selatan. Disini akan mendapatkan sebuah pantai dengan ombak yang sangat besar dengan pemandangan Pulau Nusakambangan yang terlihat jelas diseberangnya.
Anda juga bisa melihat banyak perahu-perahu nelayan di sekitar pantai.dan juga bisa membeli hasil tangkapan mereka. Disepanjang pantai juga ada resto yang menyediakan kuliner seafood segar. Selain itu disini juga terdapat banyak toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan laut.

3. Kampung Laut, Surga Kuliner Laut Dan Melihat Kehidupan Masyarakat Lokal Yang Hidup Dari Laut

Kampung Laut Kota Cilacap #Blogcilacap.com
Kampung Laut Kota Cilacap 
Kampung Laut adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pencinta kuliner laut. Jadi kampung ini ternyata manjadi tempat berkembangnya lobster dan kepiting Gemes. Tentu saja akan ada berbagai macam sajian seafood yang mantap disini.
Untuk menuju kampung ini harus melewati Nusa Kambangan dan menyusuri Hutan Bakau terlebih dahulu. Kampung ini terdiri dari rumah-rumah yang berdiri di atas  laut Anak Segara.
Objek wisata yang bisa anda nikmati di kampung ini adalah hutan bakau, fauna laut, dan Gua Karst. Selain itu juga bisa berbaur dengan masyarakat lokal dengan kehidupan unik karena hidup diatas perairan laut dan begitu menjaga laut sebagai tempat penghidupan mereka.

4. Benteng Pendem, Menapaki Benteng Pertahanan Belanda Dijaman Penjajahan

Wisata Benteng Pendem Di Kota Cilacap #Blogcilacap.com
Wisata Benteng Pendem Di Kota Cilacap 
Benteng Pendem di Cilacap ini merupakan peninggalan Belanda saat masa penjajahan dulu. Dalam bahasa Belanda benteng ini sering disebut dengan “Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap”. Benteng ini terletak 0,5 km ke arah selatan dari Obyek Wisata Teluk Penyu dan berada di atas tanah seluas 6,5 Ha, di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap.
Benteng Pendem ini merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879.
Bangunan Benteng Pendem ini masih kokoh berdiri, dengan dikelilingi parit. Selain itu, Benteng Pendem ini juga mempunyai 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.
Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah #Blogcilacap.com
Benteng Pendem Cilacap Jawa Tengah 
Disini anda bisa mengamati bagaimana napak tilas Hindia-Belanda membangun pertahanan di Nusantara. juga bisa menikmati keindahan tempat wisata ini dengan brbagai fasilitas seperti tempat istirahat, gazebo, ayunan, kolam pemancingan dan sejumlah patung dinosaurus. selain itu dari atas benteng pendem, wovger juga bisa melihat pemandangan pulau nusakambangan dengan sangat jelas.

5. Pantai Indah Widarapayung, Pantai Indah Yang Pernah Terimbas Tsunami Pangandaran

Pantai Indah Widarapayung Cilacap Jawa Tengah
Pantai Indah Widarapayung Cilacap Jawa Tengah
Pantai ini ternyata pernah diterjang bencana tsunami pangandaran pada 2006 silam. Letak pantai ini berada di sebelah timur Cilacap, tepatnya di Kecamatan Binangun.
Wilayah pantai Widarapayung memang tidak terlalu luas, namun kondisi pantainya sangat landai dan dipagari pohon kelapa, sehingga membuat pantai ini begitu menawan.
Pantai ini memiliki gelombang yang cukup besar dan cocok sebagai tempat berselancar. Karena itu disini terdapat klub selancar bernama WSC (Widarapayung Surfing Club). Bahkan tempat ini pernah dijadikan tempat untuk Surf Contest Nasional dengan tema Widarapayung Surf Contest pada tahun 2010 dan di ikuti oleh para Surfer, Surfgirl nasional dan mancanegara.

6. Pantai Karang Pandan, Pantai Yang Eksotis Di Kawasan Nusa Kambangan

Pantai Indah Karang Pandan Cilacap Jawa Tengah
Pantai Indah Karang Pandan Cilacap Jawa Tengah
Pantai Karang Pandan memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Pantai Teluk Penyu. Pantainya cantik dengan pasir putihnya. Tapi Wovger perlu hati-hati jika bermain dipantai ini karena ombaknya relatif besar dan banyak karang.
Untuk sampai di Pantai Karang Pandan, anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan ini anda akan melewati Benteng Karang Bolong. Jadi bisa sebentar mampir melihat-lihat keadaan benteng ini sekaligus menikmati sejarah Indonesia dimasa kolonial Belanda.

7. Sedekah Laut, Larungan Ala Cilacap Sebagai Ucapan Syukur Pada Tuhan

 Sedekah Laut, Larungan Ala Cilacap Sebagai Ucapan Syukur Pada Tuhan.
Sedekah Laut, Larungan Ala Cilacap Sebagai Ucapan Syukur Pada Tuhan.
Sedekah Laut adalah salah satu budaya di Cilacap yang sudah turun temurun berlangsung sejak zaman pemerintahan Adipati Cakrawerdaya III pada tahun 1817. Akan tetapi, tradisi tersebut sempat terhenti dan dihidupkan kembali semasa Bupati Poedjono Pranjoto pada tahun 1982 hingga saat ini.
Sedekah laut acara tahunan dengan melakukan pelarungan sesaji berupa makanan dan kepala kerbau ke tengah laut. Acara ini biasa di laksanakan di teluk penyu, biasa nya sebelum di larungkan sesaji di arak terlebih dahulu sepanjang perjalanan menuju teluk penyu
Bagaimana apakah anda mulai tertarik untuk mengeksplorasi wisata-wisata indah di Cilacap ini? Ayo mulai kemasi tas dan jalan-jalan ke Cilacap. Oh iya masih ada banyak destinasi wisata tersembunyi di Cilacap. Jika anda yang tau dan mau memberikan rekomendasi, jangan segan-segan berbagi di komentar :)
Ayo Share ke yang lainya ya? Agar tidak kamu saja yang tau ini !
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :


three columns

cars

PERISTIWA

grids

PERISTIWA

health

PERISTIWA